Nama penulis : Basu Swastha Dharmmesta
Judul penelitian = Loyalitas pelanggan : sebuah kajian
konseptual sebagai panduan bagi peneliti
Masalah / Tema / Topik = Masalah yang terjadi pada
penelitian ini adalah :
1. Apakah
suatu loyalitas pelanggan dapat di ukur merek sebagai objek loyal?
2. Apakah
brand parity (paritas objek) menjadi kendala pemasar untuk mengatasi loyalitas
pelanggan?
Teori yang digunakan = Pemasaran
perilaku konsumen
Tujuan penelitian = Untuk mengetahui seberapa kepuasan
pelanggan terhadap suatu merek, Untuk mengetahui tahap-tahap yang dipergunakan
dalam loyalitas pelanggan
Metode-metode penelitian = objek = Merek dan atribut lain melekat pada
produk
Jenis data = data primer,data sekunder,daftar pustaka
Kesimpulan = Konsep
tentang loyalitas merek perlu diperjelas sebelum pengembangan metode
operasionalisasi (pengukuran) dilakukan secara memadai . Klarifikasinya
melibatkan ide yang berkaitan dengan pendekatan attitudinal sebagai komitmen
psikologis dan pendekatan behavioral yang tercemin dalam perilaku actual.
Jacoby dan Kyner (1973) telah mengklarifikasikan istilah tersebut melalui
definisi mencangkup enam kondisi yang secara koliktif memadai sebagai berikut:
Loyalitas
merek adalah (1) respon keprilakuan (yaitu pembelian), (2) yang bersifat bias
(nonrandom), (3) terungkap secara terus-menerus,(4) oleh unit pengambilan
keputusan, (5) dengan memperhatikan satu
atau beberapa merek alternative dari sejumlah merek sejenis dan (6) merupakan
fungsi proses psikologis(pengambilan keputusan)
Deskriptif = Karena pendekatan attitudinal dan behavioral menekankan
pada tindakan riil konsumen dalam pembelian ulang maka model matematis di muka
dapat di modofokasi ke dalam model konseptual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar